5 Kampus Terbaik Di Pematang Siantar

5 Kampus Terbaik Di Pematang Siantar

5 Kampus Terbaik Di Kota Pematang Siantar – Berjarak sekitar 128 kilometer dari Medan dan 50 kilometer dari Parapat, Pematangsiantar memang jadi kota perlintasan wisata di Provinsi Sumatera Utara.

Majunya sektor industri dan ekonomi di Pematangsiantar juga didukung oleh banyaknya perguruan tinggi yang ada di wilayah ini. Oleh karena alasan itulah membuat daftar nama kampus di Kota Pematangsiantar sangat beragam.
Dalam daftar nama kampus di Kota Pematangsiantar, terdapat beberapa sekolah tinggi berkonsep Kristen.
Meskipun begitu, ada juga akademi-akademi dan universitas umum yang menawarkan berbagai program studi untuk calon mahasiswa. Tak heran kalau perkembangan pendidikan Pematangsiantar semakin maju pesat saja. Demikian nama-nama kampus nya :

1. Universitas Simalungun

Perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar nama kampus di Kota Pematangsiantar ini berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Barat, Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari. Berdiri pada tahun 1966, kampus yang disebut USI ini memiliki lima fakultas yakni Ekonomi, Pertanian, Teknik, Hukum serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk dipilih calon mahasiswa.

2. STT-HKBP

STT (Sekolah Tinggi Teologi) HKBP ini merupakan perguruan tinggi swasta milik gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), yang berlokasi di Jalan Asahan, Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur. Berdiri pada 12 April 1978, STT-HKBP ini memisahkan diri secara administratif dari Fakultas Theologia milik Universitas HKBP Nommensen.  https://www.papernower.com/

Seperti namanya, program studi yang ditawarkan STT-HKBP ini memang seluruhnya ilmu Teologi baik untuk jenjang S1, S2 dan S3. STT-HKBP memang bertujuan menghasilkan Sarjana Teologi yang bermutu dengan spiritualitas tangguh demi kemuliaan Tuhan dan kesejahteraan umat. Tak heran kalau mahasiswa STT-HKBP dilengkapi pemahaman Alkitab berkualitas.

3. AMIK Parbina Nusantara

Salah satu akademi pilihan dalam daftar nama kampus di Kota Pematangsiantar adalah AMIK (Akademi Manajemen Informatika Komputer) Parbina Nusantara. Berlokasi di Jl. Pane No.34, Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur, AMIK Parbina Nusantara berdiri pada 28 September 2001 dengan program studi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika.

4. STIKOM Tunas Bangsa

STIKOM (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer) Tunas Bangsa berlokasi di Jl. Kartini, Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.
Didirikan oleh Yayasan Muhammad Natsir, STIKOM Tunas Bangsa hadir untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Pematangsiantar yang menjadi pusat industri serta perdagangan, termasuk sektor agrobisnis.

Ada dua program studi utama yang ditawarkan oleh STIKOM Tunas Bangsa yakni Sistem Informasi dan Tenik Informatika. Dengan jurusan tersebut, generasi muda Pematangsiantar yang ingin memperdalam keilmuan di bidang IT tent tak perlu jauh-jauh karena bisa memilih STIKOM Tunas Bangsa.

5. Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara

PTASN (Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara) adalah institusi sekolah yang bernaung di bawah organisasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Resmi berdiri pada tahun 1949 oleh Karl tambunan, PTASN beralamat di Jl. Rakutta Sembiring, Sigulang Gulang, Kecamatan Siantar Utara. PTASN sendiri ikut dalam bagian Jaringan Sistem Pendidikan Advent sedunia.

Ada beberapa program studi yang ditawarkan oleh PTASN yakni Akademi Keperawatan Surya Nusantara dengan D3 Ilmu Keperawatan, STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Surya Nusantara dengan D3 dan S1 untuk Fakultas Akuntansi dan Manajemen, serta Sekolah Tinggi Filsafat Teologi untuk jenjang S1 Ilmu Teologi dan Guru Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *