7 Rekomendasi Universitas Katolik Terbaik di Indonesia

7 Rekomendasi Universitas Katolik Terbaik di Indonesia

Universitas di Indonesia tak hanya univeritas untuk umum, tetapi di Indonesia banyak juga universitas katolik terbaik dan selalu menjadi incaran calon mahasiswa, berikut merupakan ketegori universitas katolik terbaik di Indonesia :

1. Universitas Atmajaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya sebagai salah satunya universitas katolik terbaik di negeri ini. Universitas ini berdiri pada 1 juni 1960. Sekarang ini universitas Atmajaya sudah berdiri di Jakarta (UNIKA), Yogyakarta (UAJY), dan Makassar ( UAJM) , hingga https://www.papernower.com/ tentu saja memudahkan jika anda ingin terhubung pengajaran berkualitas di universitas ini. Tiap Universitas Atma Jaya di beberapa wilayah mempunyai program study yang berbeda misalkan UAJY yang mempunyai progrm study Sarjana, Saat Sarjana, dan Sarjana Kelas Internasional dan UNIKA mempunyai Program study Sarjana, Saat Sarjana, Program Khusus dan Internasional Program.

pendirian Unika Atma Jaya dilaksanakan oleh satu kelompok intelektual gampang Katolik pada 1 Juni 1960. Saat itu namanya ialah Yayasan Atma Jaya. Di awal keputusannya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya ditolong oleh beberapa suster Ursulin dengan sediakan sarana seperti ruangan kuliah di kompleks persekolahan Ursulin, Jalan Lapangan Banteng Utara dan kompleks Santa Theresia, Menteng. Sekitaran tahun 1967, Universitas Katolik Atma Jaya dengan bertahap mulai tempati kampus di Jalan Sudirman yang populer bernama kampus Semanggi. Pada perubahannya, Unika Atma Jaya mulai buka banyak program study dari tingkatan sarjana atau magister. Sekarang, Unika Atma Jaya sudah mempunyai delapan fakultas dengan 2 puluh satu program study untuk tingkatan sarjana (S1) dan tujuh program study tingkatan magister.

2. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Universitas ini tentu saja kenal kembali, Universitas Tarumanegara sudah berdiri semenjak 1 oktober 1959 dan berada di jakarta. UNTAR sekarang ini sudah mempunyai 4 program study. Yaitu, S1, S2, S3, pengajaran Professional dan Saat Sarjana. UNTAR sebagai tujuan yang pas untuk memperoleh pengajaran berkualitas. Beberapa program yang berada di UNTAR tentu saja sudah berjalan baik.

3. Universitas Parahyangan (UNPAR)

Universitas Parahyangan berada di Bandung. UNPAR mempunyai Program D III (management perusahaan), Sarjana dan Pascasarjana. UNTAR banyak memiliki Sarana akademis misalkan Perpustakaan, pusat peningkatan karier, Pusat Pengembangan pembelajran, Kantor Internasional dan kerja sama. Sarana pendukung yang oke dimulai dari gedung perkuliahan, UNPAR Press, Balai penyembuhan, Tenkologi dan Sarana yang lain yang tentu saja bisa mendatangkan pengajaran yang berkualitas.

Baca Juga : 10 Daftar Universitas Terbaik dan Termurah di Indonesia

Universitas Katolik Parahyangan atau umum disebutkan dengan kependekan Unpar dibangun di tahun 1955. Universitas Katolik Parahyangan mempunyai 7 fakultas untuk tingkatan S1, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik, Fakultas Tehnologi Info dan Sains, Fakultas Tehnologi Industri, Fakultas Tehnik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Filsafat. Untuk tingkatan S2, ada banyak program seperti program Magister Management, Magister Pengetahuan Hukum, Magister Tehnik Sipil, Magister Arsitektur, Magister jalinan Internasional, Magister Pengetahuan Sosial, Magister Pengetahuan Teologi, Magister Tehnik Kimia, Magister Tehnik Industri, dan Magister Administrasi Usaha. Untuk tingkatan S3, ada 4 program doktoral, yakni Pengetahuan Ekonomi, Pengetahuan Hukum, Pengetahuan Tehnik Sipil, dan Arsitektur.

4. Universitas Maranatha

Universitas yang berada di bandung ini sebagai salah satunya universitas katolik terbaik yang berada di indonesia. Sekarang ini program study yang ada sebagai program S1 dan S2, di sini ada beberapa UKM yang hebat lho sebagai pendukung pengajaran berkualitas

5. Universitas Sanata Dharma Universitas

Sanata Dharma sudah berdiri semenjak tahun 1955. Diambil dari situs resminya, pendirian Universitas Sanata Dharma berawal dari gagasan pendirian Perguruan Tinggi Pengajaran Guru (PTPG) oleh Prof. Moh. Yamin pada 1950-an. Saat itu, saran itu disongsong baik oleh beberapa imam Katolik, khususnya Ordo Societas Jesus (Serikat Yesus yang biasa dipersingkat S.J.). Pada perubahannya, ada sebuah perguruan tinggi yang mengidentifikasi kelahiran PTPG Sanata Dharma pada 20 Oktober 1955 dan disahkan pemerintahan 17 Desember 1955. Sebelumnya, PTPG Sanata Dharma cuma memiliki 4 Jalur, yaitu Bahasa Inggris, Riwayat, IPA, dan Pengetahuan Mendidik. Sesudah seringkali ganti nama, tanggal 20 April 1993 sesuai SK Mendikbud No. 46/D/O/1993, IKIP Sanata Dharma berbeda nama menjadi lagi Universitas Sanata Dharma ataupun lebih dikenali bernama USD.

6. Universitas Katolik Widya Mandala

Sekitaran tahun 1958, Mgr. J. Klooster, CM sebagai Uskup Surabaya membangun Yayasan Widya Mandala. Diambil dari situs resminya, pemberian nama Widya Mandala sendiri datang dari bahasa Jawa kuno, yaitu Mandala yang bermakna gedung atau tempat dalam makna bukan hanya fisik dan Widya yang maknanya sarjana . Maka Widya Mandala bisa disimpulkan sebagai tempat pengajaran untuk beberapa orang yang arif dan sukses (sarjana). Dalam kisahnya, tanggal 20 September 1960 diputuskan sebagai hari lahir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Di awal keputusannya, UKWMS cuma mempunyai satu fakultas dan berada di Jalan Dr. Soetomo, Surabaya. Pada perubahannya, beberapa fakultas baru dibuat di Universitas Katolik Widya Mandala. Salah satunya ialah Fakultas Keguruan dan Pengetahuan Pengajaran, Fakultas Farmasi, Fakultas Usaha, Fakultas Tehnik, dan lain-lain.

7. Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas Katolik Soegijapranata ialah sebuah perguruan tinggi Katolik terpenting di Indonesia yang ada di kota Semarang, Jawa tengah dan ada di bawah lindungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang). Universitas ini sebagai lanjutan dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Semarang yang lahir tahun 1964 dan yang selanjutnya beralih menjadi Institut Tehnologi Katolik Semarang (I.T.K.S.) di tahun 1973.

Di tanggal 5 Agustus 1982 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983, I.T.K.S. berbeda nama jadi Universitas Katolik Soegijapranata.

Universitas Katolik Soegijapanata sebagai salah satunya perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang mempunyai motto: “Bakat Pro Patria et Humanitate” (bakat terbaik disembahkan untuk negara dan bangsa dan kemanusiaan). Adapun universitas ini mempunyai jaringan kerja sama yang luas baik dalam atau di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *