Sistem Informasi Program Kesehatan Berbasis Elektronik (SERAMBE) Banyuasin dilaunching langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH digelar di OPI Hotel, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Jum’at (10/11/2023).

Kabupaten Banyuasin menempati urutan kedua terbanyak kasus Tubercolosis di Sumsel setelah Kota Palembang. Dilaporkan jumlah kasus TB yang ditemukan dan diobati per 31 Oktober 2023 adalah 1697 dari target 3376 kasus atau sekitar 50,3% tersebar di 21 Kecamatan, sehingga diperlukan komitmen dan dukungan bersama dari semua stakeholder untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penyakit TB ini.

Tujuan diadakannya Launching Aplikasi Serambe Banyuasin adalah yakni mensosialisasikan dan menyebar luaskan informasi tentang Aplikasi Serambe Banyuasin. Aplikasi Serambe Banyuasin dapat dimanfaatkan sebagai pencatatan dan pelaporan, pemetaan pasien Tubercolosis dan penyakit lainnya.

“Aplikasi Serambe Banyuasin menjadi sarana informasi kesehatan, sarana konsultasi kesehatan dan pengaduan untuk menyampaikan informasi berbagai penyakit. Dengan adanya Aplikasi Serambe Banyuasin diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi jika ada masyarakat yang terduga TB dan penyakit lainnya.